Selasa, 20 Maret 2012

Mengenal Kamera CCTV Infrared dan Day/ Night CCTV



Untuk penggunaan CCTV camera dengan situasi dimana tidak ada pencahayaan atau gelap, maka kamera CCTV yang biasa digunakan adalah kamera CCTV infrared atau infra merah. Sedangkan untuk tempat-tempat yang minim cahaya (masih ada cahaya namun sedikit), maka ada kamera CCTV yang bernama Day/ Night CCTV.

CCTV Infrared (Infra Merah)
Secara garis besar, cara kerja CCTV jenis ini adalah kamera menggunakan porsi infra merah dari spektrum elektromagnetik atau yang biasa disebut juga dengan teknik pencitraan thermal.



Ketika radiasi dari suatu objek terdeteksi maka kemudian akan diterjemahkan dalam bentuk gambar sesuai dengan bentuk objek tersebut. Objek yang memiliki suhu lebih panas/ hangat biasanya akan menampilkan warna yang berbeda dengan objek yang memiliki suhu lebih dingin, sehingga dengan demikian kamera CCTV infrared bisa merekam gambar benda-benda yang memiliki suhu hangat seperti manusia dan mobil.

CCTV Day/ Night
Untuk CCTV jenis Day/ Night, cara kerjanya adalah dengan meningkatkan sensitivitas cahaya, biasanya adalah 2x lipat untuk cahaya minim dan 4x lipat untuk keadaan yang hampir mendekati gelap. Namun, tidak seperti CCTV infrared, kamera CCTV ini tidak bisa digunakan di tempat yang gelap total.

Pasang CCTV yang Mana?
Mungkin dari teknologinya kedua kamera CCTV ini terdengar mahal. Namun sebenarnya kamera CCTV infra merah dan Day/ Night sudah cukup terjangkau saat ini karena sudah dikomersialisasikan. Lalu, CCTV jenis manakah yang sebaiknya dipasang?

Jika di tempat Anda ingin pasang CCTV cahayanya masih memungkinkan Anda untuk melihat dengan mata telanjang, maka kamera CCTV Day/ Night sudah cukup. Namun jika tidak memungkinkan, maka CCTV infrared lebih cocok.

Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu Anda dalam memilih jenis CCTV camera system yang cocok dengan kebutuhan Anda. Konsultasikan kebutuhan CCTV Anda dengan sales representative Gunnebo di contact center kami di 0804 133 8383 atau Anda bisa menghubungi 083170761601

Tidak ada komentar:

Posting Komentar