Senin, 19 Maret 2012

Alarm Rumah


Pasang Alarm Rumah, Pentingkah?
Rumah merupakan area dimana kita dan segenap anggota keluarga ingin merasa aman dan nyaman terutama saat kita sedang berisitirahat. Tetapi bahaya tetap saja dapat menghampiri kita setiap saat. Oleh karena itu, proteksi dari bahaya-bahaya tetap harus menjadi pertimbangan kita. Salat satu cara proteksi dini untuk mencegahnya adalah dengan memanfaatkan sistem alarm.



Umumnya, perangkat keamanan yang sering kita lihat untuk rumah adalah dipasangnya kamera CCTV. Namun, sebenarnya tidak hanya CCTV camera saja, kita dapat melengkapinya dengan menggunakan integrasi sistem alarm rumah untuk keamanan yang lebih maksimal.

Sistem alarm rumah atau dikenal dengan residential intruder alarm system adalah sistem untuk memberikan peringatan dini terhadap bahaya pencurian. Saat ini alarm rumah bukan hanya sekedar bunyi raungan sirine yang membosankan.

Ternyata lebih dari itu, perkembangan teknologi alarm berkembang dengan pesat. Gunnebo Indonesia sebagai salah satu perusahaan multinasional dalam bidang fire dan security juga menyediakan sistem alarm rumah yang dapat dikendalikan dari mana saja melalui internet dan bahkan dapat dimonitoring oleh Gunnebo Monitoring Center yang beroperasi non-stop 24 jam. Penggabungan alarm dengan system CCTV juga dapat menghasilkan sistem peringatan yang ideal.

Sistem alarm rumah umumnya terdiri dari bagian-bagian yang saling berhubungan, yaitu:

Control Panel



Contorl panel merupakan pengendali utama yang menjadi otak dari sebuah sistem alarm.

Keypad
 

Merupakan sebuah alat bantu yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan sistem alarm seperti mengaktifkan dan meng-non aktifkan alarm.

Door Contact
 

Door contact atau dikenal juga sebagai magnetic contact merupakan trigger ke panel alarm untuk memberikan suatu respon. Alat ini mempunyai fungsi untuk mendetaksi pintu dan jendela yang jika dibuka ketika system alarm sedang aktif dapat meng-trigger alarm.

Passive Infra Red (PIR)
 

PIR merupakan salah satu perangkat pendeteksi gerak yang bekerja dengan cara mendeteksi adanya perbedaan/ perubahan suhu sekarang dan sebelumnya. Sensor gerak alat ini sangatlah sederhana dan mudah diaplikasikan dengan cukup efektif untuk mendeteksi gerakan.

Panic Button


Panic button adalah alat yang dapat digunakan sebagai penunjuk tanda bahaya bagi pemakainya. Caranya adalah dengan menekan tombol merah sehingga system alarm akan bekerja.

Sounder
 

Sirine atau strobe atau yang lebih dikenal dengan sounder adalah alat yang mengeluarkan bunyi atau cahaya sebagai indikator tanda bahaya.

Alarm rumah yang baik setidaknya harus memiliki 3 kriteria, yaitu Aman, Nyaman, danMudah.

Aman berarti tempat tinggal benar-benar terproteksi dari penyusup (intruder) pada semua area. Nyaman berarti para penghuni rumah bebas bergerak di dalam rumah tanpa rasa khawatir. Mudah berarti sistem ini gampang dioperasikan tanpa prosedur yang ruwet.

Adapun faktor teknis yang tidak kalah penting adalah sistem ini harus durable, yaitu tahan dipakai selama bertahun-tahun tanpa kerusakan yang berarti. Hal ini berkaitan dengan kualitas komponen elektronik yang digunakan haruslah dari jenis grade. Itulah sebabnya mengapa alarm-alarm rakitan jarang ada yang memenuhi syarat ini. Hal ini jelas berbeda dengan alarm yang ditawarkan oleh Gunnebo yang menerapkan sistem standar mutu dalam perakitannya sehingga sistem dijamin tahan lama.

Untuk detail seputar produk diatas ataupun produk-produk Gunnebo lainnya (APAR fire extinguisher, CCTV system, brankas dan lemari besi Chubb Safes, dll) Anda dapat menghubungi 24 hour contact center PT. Indolok Baktu Utama di 0804 133 8383, atau 083170761601.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar